“They say we are what we are, but we don't have to
be.”
Hadir sedikit rasa pesimis kala itu ketika mendapatkan
kabar bahwa Pixar akan absen dari pertarungan di kategori animasi tahun ini,
seolah merasa semuanya akan monoton meskipun Toothless akan melakukan comeback. Tapi kejutan demi kejutan
hadir sejak awal tahun, dan ketidakhadiran one-to-beat justru menjadikan
kategori ini terasa seperti sebuah pertarungan liar. Film terbaru dari Disney ini
semakin menambah rasa bingung pada siapa yang layak menjadi film animasi
terbaik tahun ini, Big Hero 6: prepare to
be amazed by an adventure with heart, smarts, and an adorable big marshmallow.
Hiro Hamada (Ryan Potter) merupakan remaja berusia 14 tahun yang punya tingkat
kecerdasan di atas anak-anak seusianya. Tapi kelebihan tersebut sayangnya ia
tidak gunakan untuk melakukan kegiatan yang tepat, bukannya memilih untuk
semakin memperdalam kepintarannya di bidang pendidikan Hiro justru memilih
untuk merancang sebuah robot yang akan ia gunakan dalam pertarungan illegal
disudut kota San Fransokyo. Hal
tersebut menjadi masalah bagi bibinya, Cass
(Maya Rudolph), serta abangnya Tadashi
Hamada (Daniel Henney), yang kemudian memaksa Hiro ikut berkunjung ke
kampusnya untuk melihat proyek yang sedang ia kerjakan.
Proyek tersebut bernama Baymax (Scott Adsit), sebuah robot elastis yang dicanangkan akan
menjadi asisten kesehatan. Hal tersebut membuat Hiro tertarik, dan ia mulai
mencoba memanfaatkan sebuah event untuk dapat masuk kedalam kampus tersebut.
Memang berhasil, bahkan karya microbots yang ia ciptakan berhasil memikat Profesor Robert Callaghan (James Cromwell).
Tapi sebuah tragedi memilukan terjadi, meninggalkan luka mendalam pada Hiro,
yang kemudian bersama bantuan teman kakaknya, Go Go Tomago (Jamie Chung), Honey Lemon (Kejadian Rodriguez), Wasabi
(Damon Wayans Jr.), dan Fred (T. J.
Miller) berupaya untuk mencari tahu siapa yang bertanggung jawab atas
tragedi tersebut.
Tidak seperti judul yang ia usung, Big Hero 6 pada dasarnya tidak
menawarkan something new yang benar-benar besar bagi dunia animasi, bahkan
kisah yang diambil dari superhero team milik Marvel ini hanya berputar-putar pada sinopsis dan template konvensional dari sebuah animasi, tidak ada
yang istimewa. Tapi mengapa dibalik keterbatasan materi awal yang ia miliki itu
di bawah komando Don Hall dan Chris Williams film ini justru berhasil
memberikan salah satu petualangan paling menyenangkan di tahun ini? Karena plot
usang tadi mampu mereka olah kembali bersama penggunaan berbagai keunikan yang
tepat untuk konsisten menjadikan elemen-elemen kecil miliknya konsisten tampil
menarik, baik itu dari segi cerita termasuk didalamnya fokus pada pesan utama,
sajian visual yang kembali penuh warna dan memanjakan mata, hingga karakter
yang, well, menggemaskan.
Eksekusi yang kompeten menjadikan Big Hero 6 sukses berdiri kokoh sebagai salah satu calon kuat film
animasi terbaik tahun ini, ia tidak punya materi yang cerdas dan standout, tapi
eksekusi yang cermat menjadikan hal-hal sederhana bahkan klasik tadi terasa
cerdas dalam menghibur penontonnya. Anda dapat menyebutnya sebagai kisah yang
predictable memang, kembali mencoba mengangkat tema kehilangan yang kemudian
mengubah karakter utama untuk menemukan sesuatu yang sangat penting dan kemudian
kelak akan mengubah dirinya menjadi sosok yang lebih baik, tapi lagi dan lagi Disney semakin piawai dalam memberikan
kunci yang mulai banyak penonton inginkan dari sebuah animasi: emosi, hati pada
cerita, bukan hanya menggunakan cerita sekedar sebagai jalan untuk aksi
mondar-mandir lucu dan konyol.
Big Hero 6 sangat kuat disini, dan bisa dikatakan ia memiliki
kombinasi yang paling pas diantara unsur serius dan santai jika harus
dibandingkan dengan animasi lain yang rilis tahun ini. Big Hero 6 punya naskah yang sangat pintar dalam mencampur rasa,
pahit dan manis tampil dalam kuantitas dan kualitas yang sama-sama memikat.
Kita punya pesan yang kuat seputar persahabatan hingga rasa kehilangan, secara
bergantian tampil memberikan sukacita yang menyenangkan disokong dengan
humor-humor yang kuat lewat hal-hal sederhana seperti nada setelah toss yang
imut itu, namun setelah itu kita seolah terus di ingatkan pada eksistensi emosi
yang kuat di pusat cerita lewat konten yang sedikit muram pada perasaan patah
hati dari Hiro yang dalam itu, keduanya tersusun dalam struktur cerita yang
punya irama yang manis sehingga bukan hanya mudah menjangkau penonton muda,
namun juga penonton dewasa.
Mungkin minus dari Big
Hero 6 hanya terletak pada judul yang ia gunakan, terutama pada kehadiran
angka enam, karena pada faktanya empat karakter lain dari tim superhero ini
hanya mendapatkan kesempatan yang sangat terbatas untuk menampilkan peralatan
canggih mereka, yang sebenarnya sangat menarik untuk di eksplorasi sedikit
lebih jauh itu, karena disisi lain ia akan memberikan anda sebuah rollercoaster
yang dinamis. Ya, rollercoaster,
dengan alur lintasan yang sangat halus itu kita terus diajak berjalan bersama
berbagai ide terkait teknologi yang mampu di bangun dengan baik sehingga bukan
hanya tampak menarik di mata tapi juga terasa imajinatif, digerakkan dengan
cepat dan penuh energi namun tetap terasa stylish sehingga mampu menutupi
kekurangan kecil yang ia miliki tadi, termasuk karakter antagonis dengan power yang kurang besar itu.
Tapi bukankah akan sangat sulit untuk mengingat
kekurangan kecil seperti itu ketika di sisi lain kita telah memperoleh sajian
yang seperti tidak pernah berhenti mengejutkan kita? Salah satu kekuatan lain
dari Big Hero 6 adalah mereka tidak
mencoba untuk menjadi sesuatu yang besar, mereka tidak mencoba melakukan banyak
hal yang memusingkan disini, hanya ingin membawa anda menyaksikan seorang anak
yang berubah dari kesembronoan yang ia lakukan dengan bantuan robot gendut yang
bukan hanya mampu membuat anda sebagai penonton ingin merasakan adrenalin
ketika dibawa terbang olehnya melintasi gedung pencakar langit dan
berputar-putar di jalan raya layaknya Iron
Man, tapi juga ingin merasakan pelukan hangatnya darinya. Disney sukses
besar disini, mereka kembali berhasil menciptakan karakter yang charming dan loveable dengan karakterisasi yang sederhana namun kuat.
Karakter adalah kunci lain yang menjadikan Big Hero 6 terasa indah. Hiro memang
memegang kunci utama, ia menjadi pusat dengan perjuangan pada emosi dan
perubahan hati ketika ia berhadapan dengan kesempatan yang ia miliki, tapi Baymax adalah sosok yang menjadikan
tugas Hiro untuk menjadikan apa yang ia lakukan itu tampak menarik. Tik-tok
antara dua karakter ini indah dibalik kesederhanaan yang diberikan pada mereka,
Hiro terus dijaga dalam level ambigu, sedangkan Baymax sendiri terasa menarik karena meskipun lucu dan imut ia
tidak dibekali dengan karakterisasi yang terlalu manis, dan dengan suntikan
suara yang pas dari Ryan Potter, Scott
Adsit, hingga Maya Rudolph tiap
karakter punya daya tarik sehingga kehadiran mereka memiliki fungsi dalam
membantu cerita untuk terus melaju kencang.
Overall, Big
Hero 6 adalah film yang memuaskan. Bukan merupakan sebuah terobosan besar
dari Disney, tapi dengan kembali
memainkan pola dan permainan dasar film animasi, kemudian melengkapi mereka
dengan struktur yang kokoh di berbagai elemen, dari cerita dengan pesan dan
fokus yang kuat dan mampu menjangkau banyak golongan usia, keseimbangan dalam
menyajikan sisi serius dan santai dengan kontrol yang cermat di dua bagian
tersebut, visual yang indah dan manis untuk menemani cerita melaju kencang
dalam irama yang terkendali, kemudian dibungkus dengan karakter menawan yang
mudah membuat penonton jatuh cinta kepadanya, Big Hero 6 sukses memberikan sebuah tamasya menyenangkan yang
pintar dan segar.
0 komentar :
Post a Comment